Tanaman Herbal dan Manfaatnya Bagian 2

Posted By Sendal on Monday, January 19, 2015 | Monday, January 19, 2015

 Tanaman Herbal dan Manfaatnya

Indonesia merupakan negara agraris yang sangat kaya dengan rempah-rempah dan juga berbagai jenis tanaman. Tanaman herbal juga dapat ditemui di Indonesia dan sangat baik untuk pengobatan.

Sebelumnya Bingo sudah berbagi informasi mengenai jeni-jenis tanaman herbal dan juga kegunaannya, Nah ini sambungan dari Tanaman Herbal dan Manfaatnya.Tanaman herbal ini dapat menyembuhkan penyakit dari yang ringan hingga penyakit kelas berat. Penasaran dengan jenis-jenis tanaman apa saja yang bisa dijadikan obat ini, Yuk dibaca di bawah ini.

BlustruBlustru
Luffa Aegyptica Mill biasa disebut Ketela Manis ( Di Sunda disebut Lapang Oyom atau di Palembang disebut Hurung Jawa). Namun saat ini sebagian besar orang tidak tahu bagaimana bentuk Tanaman Blustru. Blustru dapat digunakan sebagai Obat Asma, Caranya cuci telebih dahulu daun blustru muda simpan diatas nasi panas (bisa disimpan diatas ketika menanak nasi) lalu makanlah sebagai lalaban setiap hari.



MengkuduMengkudu
Morinda Citrifolia nama yang berbeda - beda di setiap daerah contohnya di Sunda disebut Cangkudu, Di Aceh disebut Keumeude dan di Jawa disebut kudu. Tanaman ini biasa ditanam di Aceh karena biasa dipakai sebagai bahan rujak ataupun menu buka puasa khas Aceh. Mengkudu bisa menjadi Obat Jantung Koroner dan membantu mencegah penyakit jantung koroner. Caranya sangat mudah cukup jus mengkudu lalu saring air sarinya tambahkan sedikit madu dan minum 2 kali sehari setelah makan.


Lidah Buaya
Aloe Vera nah untuk yang ini paling gampang ditemui karena biasanya tiap rumah suka sekali menanam tanaman ini di halaman rumahnya. sejak zaman dahulu telah dipercaya sebagai bahan perawatan kecantikan dan obat. Saat ini dijepang sedang mengembangkan penelitian lidah buaya sebagai Obat Kanker. Saat ini sangat banyak sekali cara untuk memakan lidah buaya seperti Cendol ala Pontianak.


Buah MakasarBuah Makasar
Brucea Javanica rasa yang sangat pahit dan beracun. Namun apabila dipergunakan dengan baik dan sesusai dengan dosis tumbuhan ini mampu menjadi mengobati Penyakit Diabetes Melitus karena dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
Buah Makasar juga mampu menjadi Obat Kanker Serviks, Caranya bisa dengan menyeduhnya kedalam setengah cangkir dan minum 2 - 3 kali sehari (Banyak Toko Herbal yang menjual Buah Makasar kering jadi kamu tidak perlu bersusah payah menumbuk atau mengeringkannya sendiri).


Temulawak
Temulawak
Curcuma Xanthorrhiza tanaman obat Indonesia yang memiliki kandungan Kurkumin yang berguna sebagai Anti Radang ataupun Anti Keracunan Empedu. Walaupun temulawak tidak mampu menjadi Obat Kanker Hati, namun temulawak juga dapat mencegahnya karena temulawak dapat mengobati Penyakit Hepatitis B yang berperan sebagai faktor utama Penyakit Kanker Hati.
Sekian sampai disini nanti Bingo akan lanjutkan dengan jenis-jenis tanaman herbal lainnya beserta manfaatnya.

Baca info lainnya:
Jangan lupa untuk follow Twitter Harian Bingo, Klik LIKE Facebook fanpage dan masukan kedalam Google+ Harian Binggo agar bisa mendapatkan informasi teknologi terbaru.
Blog, Updated at: Monday, January 19, 2015

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts